Pentingnya Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini

 

canva by iruma cezza
canva by iruma cezza

Oleh: Setyoreni Febriani, S.Pd.
Guru Bahasa Indonesia SMKS Muhammadiyah Magelang

    Anak merupakan anugerah Tuhan yang didambakan oleh pasangan yang telah menikah. Hadirnya anak dalam kehidupan menjadikan orang tua memunculkan banyak harapan dan rencana dalam hidupnya.  Salah satunya, orang tua menginginkan anaknya memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas, cerdas, serta memiliki minat baca sejak dini. Hal ini terlihat dari perhatian orang tua untuk memberikan pendidikan anak sejak dini melalui pendidikan prasekolah. Tidak hanya itu, banyak orangtua sudah memasukkan anak ke tempat les membaca agar mereka segera bisa membaca sejak kecil.

    Membaca memang menjadi hal penting dalam kehidupan. Membaca memiliki banyak manfaat diantaranya: (1) mendapatkan informasi, (2) memperoleh pemahaman, dan (3) memperoleh kesenangan (Nurhadi, 1987:11). Membaca akan memberi dampak positif dalam kehidupan manusia. Membaca akan meningkatkan daya ingat, kinerja otak, dan menambah pengetahuan.

    Sekarang ini, kenyataanya banyak orang tua yang menargetkan anak untuk segera bisa membaca, tetapi tidak diiringi dengan menumbuhkan minat bacanya sejak dini. Berdasarkan laporan riset Central Connecticut State University di tahun 2016, Indonesia menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara dengan tingkat literasi rendah. Sedangkan data statistik dari The United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) menyatakan minat baca masyarakat Indonesia, sangatlah memprihatinkan yaitu hanya 0,001%.  Hal itu menjelaskan bahwa hanya ada satu orang Indonesia yang rajin membaca dari 1.000 orang di negeri ini. Hal ini tentunya sangat memprihatinkan.

    Minat baca merupakan dorongan atau keinginan untuk membaca. Minat baca pada anak bisa dipengaruhi oleh keluarga khususnya orang tua. Jika orang tua membiasakan membaca sebagai rutinitas, anak akan meniru pola yang dilakukan oleh orang tuanya. Hal ini akan menjadikan mereka menyukai membaca dan menjadikan kegiatan membaca sebagai kegiatan yang menyenangkan. Begitu juga sebaliknya, jika orang tua tidak pernah membaca dalam kesehariannya, anaknya pun tidak akan melakukannya juga dan beranggapan membaca sebagai kegiatan yang membosankan.

    Dengan demikian, sudah saatnya kita sebagai orang tua untuk dapat membudayakan membaca sebagai sebuah kebutuhan. Anak dikenalkan dengan buku sejak kecil, sehingga keingintahuan anak akan suatu hal bisa terjawab melalui kegiatan membaca. Hal ini akan menjadi kebiasaan hingga mereka sudah besar nanti dan menanamkan mainset tiada hari tanpa membaca dan tiada hari tanpa ilmu.


Berlangganan update artikel terbaru via email:

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Pentingnya Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini"

Posting Komentar

PERHATIAN:
Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Berikut ini!, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan (No Spam, Sara dan Rasis).
2. Komentar di Moderasi, bila berkomentar tidak sesuai dengan kebijakan maka tidak di terbitkan!.
3. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel