SIMULASI DIGITAL

 (Simulasi dan Komunikasi Digital)

Apa itu Simdig?

  • Simdig singkatan dari Simulasi dan Komunikasi Digital. Simdig adalah salah satu mata pelajaran pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), sesuai pada Surat Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Nomor 130/D/KEP/KR/2017 tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan.

Apakah nama Mapel Simdig berubah nama menjadi Simkomdig?

  • Sesuai dengan Surat Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) Nomor 130/D/KEP/KR/2017 tentang Struktur Kurikulum Pendidikan Menengah Kejuruan, nama Mapel Simulasi Digital berubah menjadi Simulasi dan Komunikasi Digital, namun akronim tetap Simdig.

Siapa yang mempelajari Simdig?

  • Mata pelajaran Simdig dipelajari oleh siswa kelas X semua Bidang Keahlian SMK (C1), sesuai lampiran Surat Keputusan Dirjen Dikdasmen No. 130 tahun 2017 tentang Struktur Kurikulum PMK.

Mengapa Simdig diajarkan pada semua Bidang Keahlian SMK?

  • Kemampuan mengomunikasikan gagasan merupakan kebutuhan setiap orang. Simdig mengajarkan bagaimana menggali ide untuk memecahkan masalah terkait produk/layanan, mencari solusi alternatif, dan mengomunikasikan dalam bentuk kolaborasi dan berbagi-pakai, sehingga Simdig menjadi salah satu life skill.

Apakah Simdig sama dengan KKPI?

  • Simdig tidak sama dengan KKPI. Materi KKPI disusun sesuai dengan perkembangan teknologi ketika itu, yang sudah jauh berbeda dengan teknologi saat Simdig disusun.
  • Meskipun keduanya terkait dengan teknologi komunikasi dan informasi, perbedaannya terletak pada ruang lingkup materi dan hasil akhir Simdig berupa produk/layanan yang dibagipakaikan kepada orang lain.

Apakah tujuan Simdig hanya sebatas siswa mampu menggunakan perangkat lunak?

  • Tidak! Karena tujuan Simdig bukanlah hanya sebatas menguasai perangkat lunak. Dalam Simdig siswa juga belajar bagaimana mengidentifikasi masalah, mencari ide untuk mendapatkan solusi, dan mengomunikasikannya.

Mengapa Simdig tidak diajarkan pada kelas XI dan XII?

  • Sesuai dengan SK Dirjen Dikdasmen No. 130 tahun 2017, Mapel Simdig termasuk dalam kelompok C1, yang hanya diajarkan pada kelas X.

Materi apa saja yang ada pada Simdig?

  • Tim pengembang mengelompokkan materi Simdig dalam tiga ruang lingkup: Pengelolaan Informasi Digital (PID); Komunikasi dan Kolaborasi Daring (KKD); dan Visualisasi Konep (VK). Untuk detail setiap Ruang Lingkup, lihat Silabus Simdig.

Mengapa banyak perangkat lunak (software) yang harus dipelajari siswa?

  • Pada dasarnya semua perangkat lunak yang ada pada Bahan Ajar merupakan alat yang mendukung siswa dalam menggali ide, mengembangkan gagasan/konsep atau produk/layanan, dan mengomunikasikannya.
  • Software adalah “alat”. Siswa diharapkan mengetahui fungsi dan kegunaan berbagai alat. Oleh karena itu, dalam Simdig siswa dibekali dengan berbagai macam software, sehingga dapat menggunakan software yang tepat pada saat dibutuhkan.
  • Selain membekali keterampilan memanfaatkan berbagai macam software, Simdig juga membentuk keterampilan abstrak pada Kompetensi Dasar yang tidak sepenuhnya bergantung pada perangkat lunak.

Apa perbedaan materi video pada Simdig dengan materi video jurusan Multimedia?

  • Jurusan multimedia adalah jurusan pembentuk profesi yang didukung oleh peralatan yang sesuai.
  • Materi video pada Simdig menekankan pada produk/layanan yang digagas oleh siswa. Dengan demikian video yang dihasilkan merupakan solusi suatu masalah.
  • Pembuatan video dalam Simdig merupakan konsep/gagasan siswa, bukan pekerjaan “profesional” seperti yang dituntut pada jurusan Multimedia.  

Apakah materi Simdig yang sama pada Program Keahlian tertentu, harus diajarkan ulang?

  • Apabila materi Simdig serupa dengan materi yang ada pada Program Keahlian tertentu, guru tidak perlu mengulang materi itu di kelas. Tetapi siswa boleh membaca materi Simdig jika diperlukan.
  • Simdig dirancang untuk semua Program Keahlian, sehingga materi tertentu pada Simdig, belum tentu dipelajari Program Keahlian lain.

Siapakah yang bisa mengajar Simdig?

Di mana Bahan Ajar Simdig dapat diunduh?

Mengapa ada materi logika dan algoritma?

  • Tanpa disadari, setiap orang berpikir menggunakan logika dan algoritma dalam kehidupan keseharian. Simdig mengasah kemampuan berpikir logis siswa untuk mengidentifikasi masalah dan mencari solusi alternatif, sehingga materi ini perlu diberikan.

Bolehkah menggunakan buku lain selain Bahan Ajar yang diterbitkan PSMK?

  • Siswa dapat menggunakan Bahan Ajar atau mencari sumber lain yang relevan.

Materi pada Bahan Ajar sangat padat, apakah waktunya cukup untuk diajarkan dalam dua semester?

  • Tidak semua materi pada buku diajarkan halaman demi halaman secara berurutan di kelas.
  • Guru disarankan menggunakan pendekatan Flipped Classroom dalam mengajar Simdig, sehingga tidak semua materi diajarkan satu-per-satu di kelas. Siswa melakukan diskusi di kelas terkait dengan kendala yang terjadi pada penggunaan software, maupun dalam mengembangkan produk/layanan yang menjadi proyek siswa.

Apakah siswa harus belajar animasi?

  • Animasi digunakan untuk mengomunikasikan gagasan/konsep yang tidak dapat divisualkan melalui video. Hal ini sesuai dengan konsep: semakin banyak alat yang dikuasai, semakin banyak pilihan alat bantu untuk mengomunikasikan gagasan. Kapan “alat” itu digunakan, tergantung dengan kebutuhan.

Bolehkah menggunakan perangkat lunak selain yang ada pada Bahan Ajar?

  • Guru/siswa dapat menggunakan perangkat lunak apapun yang relevan.
  • Software yang ada pada Bahan Ajar hanya sebatas contoh. Guru/siswa boleh menggunakan perangkat lunak lain yang dinilai lebih nyaman untuk digunakan.

Bagaimana mengajarkan Simdig pada sekolah yang tidak ada akses internet?

  • Bagian pertama bahan ajar Simdig dan sebagian di bagian ke-dua (Visualisasi Konsep) tetap dapat diajarkan tanpa akses internet.   

Adakah manfaat Simdig dikaitkan dengan mata pelajaran lainnya?

  • Simdig bertujuan membekali siswa untuk menggali ide dan mengomunikasikan gagasan. Gagasan ini dapat diwujudkan menjadi produk/layanan yang akan dibuat dalam mapel Produk Kreatif dan Kewirausahaan (PKK)  yang diajarkan pada siswa kelas XI-XII.

Apabila ada pertanyaan yang belum disertakan pada dokumen ini, silakan menghubungi Help Desk Simdig:

Ilham Penta (HP +62 856 9545 9555, +62 812 8389 6956)

penta@seamolec.org

 

Sumber : https://seamolec.org/simdig

 

 


sumber video https://youtu.be/71Uf7V58Ihw

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "SIMULASI DIGITAL "

Posting Komentar

PERHATIAN:
Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Berikut ini!, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan (No Spam, Sara dan Rasis).
2. Komentar di Moderasi, bila berkomentar tidak sesuai dengan kebijakan maka tidak di terbitkan!.
3. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel