Materi Desain Media Interaktif

Jenis Multimedia Interaktif

Menurut Suyanto (seperti dikutip Benardo, 2011) jenis multimedia interaktif terbagi menjadi dua bagian, yaitu sebagai berikut.

Desain Media Interaktif
Desain Media Interaktif

1. Multimedia Interaktif Online

Multimedia interaktif online adalah media interaktif yang cara penyampaiannya melalui jalur/kawat/saluran/jaringan. Contohnya situs Web, Yahoo Messengers, dan lain sebagainya. Jenis media ini termasuk media lini atas, yang komunitas sasarannya luas, dan mencakup masyarakat luas.

2. Multimedia Interaktif Offline

Multimedia interaktif offline adalah media interaktif yang cara penyampaiannya tidak melalui jalur/kawat/saluran/jaringan. Contohnya CD interaktif Company Profile, Media Pembelajaran. Media ini termasuk media lini bawah karena sasarannya, tidak terlalu luas, dan hanya mencakup masyarakat pada daerah tertentu saja.

Manfaat Multimedia Interaktif

1. Manfaat Multimedia Interaktif dalam bidang Pendidikan

Manfaat multimedia interaktif dalam bidang pendidikan/khususnya pembelajaran sebagai berikut.
a. Proses pembelajaran lebih menarik.
b. Lebih interaktif.
c. Jumlah waktu mengajar dapat dikurangi.
d. Kualitas belajar dapat ditingkatkan, dan proses belajar mengajar dapat dilakukan di mana dan kapan saja, serta sikap belajar siswa dapat ditingkatkan

2. Keunggulan Multimedia

Adapun keunggulan multimedia dalam hal pembelajaran, antara lain sebagai berikut:
a. Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri, elektron, dan lain-lain.
b. Memperkecil benda yang sangat besar, yang tidak mungkin dihadirkan di sekolah, seperti gajah, rumah, gunung dan lain-lain.
c. Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks, rumit dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya bunga dan lain-lain.
d. Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh, seperti bulan, bintang, salju dan lain-lain.
e. Menyajikan benda atau peristiwa yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi, harimau, racun dan lain-lain.
f. Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.

3. Manfaat Multimedia Interaktif

Secara umum, manfaat multimedia interaktif dapat dijadikan media sebagai berikut.
a. Promosi (Company Profile, Iklan).
b. Tutorial (Panduan penggunaan alat).
c. Hiburan (Game).dan lain-lain.
Multimedia memiliki manfaat yang beragam, seperti penggunaan berikut.


1. Industri Kreatif

Industri kreatif menggunakan multimedia untuk berbagai keperluan, mulai dari seni, untuk hiburan, dan untuk seni komersial.

2. Komersial

Presentasi yang menarik digunakan untuk menjaga perhatian dalam periklanan. Bisnis dan komunikasi seringkali dikembangkan oleh tim kreatif perusahaan untuk menawarkan menjual ide maupun dalam pelatihan dalam bentuk presentasi multimedia.

3. Hiburan dan Seni Rupa

Selain itu, multimedia ini berisi banyak digunakan dalam industri hiburan, khususnya untuk mengembangkan efek khusus dalam film dan animasi. Permainan populer dalam multimedia sebagaimana permainan dan program perangkat lunak yang telah tersedia, baik terdistribusi dalam CD-ROM maupun online. Beberapa video games mengajak pengguna untuk berpartisipasi aktif, bukan hanya duduk sebagai penerima pasif informasi.

4. Pendidikan

Dalam pendidikan, multimedia digunakan untuk memproduksi pelatihan berbasis komputer dan buku referensi, seperti ensiklopedia dan almanacs yang memungkinkan pengguna melalui serangkaian modul presentasi, teks tentang topik tertentu, dan gambar yang terkait dalam berbagai format informasi. Informal Edutainment adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan menggabungkan pendidikan dengan hiburan multimedia. Belajar teori dalam dekade terakhir telah berkembang dramatis karena pengenalan multimedia.

5. Teknik

Perangkat lunak dapat menggunakan multimedia dalam menciptakan simulasi komputer untuk sebagai hiburan dan pelatihan, seperti pelatihan militer dan industri. Multimedia sebagai desain antarmuka yang sering dilakukan sebagai sebuah kolaborasi antara kreativitas dan perangkat lunak.

6. Perindustrian

Disektor industri, multimedia digunakan sebagai cara untuk menyajikan informasi untuk membantu pemegang saham, rekan kerja, dan atasan. Multimedia ini juga bermanfaat untuk memberikan pelatihan karyawan, periklanan, dan penjualan produk di seluruh dunia hampir tak terbatas melalui web berbasis teknologi.

7. Matematika dan Penelitian Ilmiah

Dalam matematika dan penelitian ilmiah, multimedia dipakai teurtama untuk modelling
dan simulasi. Misalnya, seorang ilmuwan dapat melihat pada model molekular tertentu dari substansi dan memanipulasinya untuk tiba pada suatu zat baru. Perwakilan penelitian dapat ditemukan dijurnal seperti Journal of Multimedia.
8. Kesehatan

Dalam pengobatan, dokter dapat dilatih dengan melihat virtual operasi atau mereka dapat mensimulasikan bagaimana tubuh manusia yang terkena penyakit menular oleh virus dan bakteri kemudian mengembangkan teknik untuk mencegahnya.

9. Gambar Dokumen

Pengambil foto copy/dokumen dan mengonversi ke dalam format digital.

Website Multimedia Interaktif

Konsep adalah sesuatu yang dipahami atau abstraksi suatu ide atau gambaran mental. Adapun konsep komultimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif adalah memahami pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, gambar, suara, video, dan animasi dengan menggabungkan perangkat-perangkat tertentu yang dapat memungkinkan pengguna melakukan navigasi, berinteraksi, dan berkomunikasi, baik berbasis halaman web maupun media interaktif.
Interaksi adalah suatu fitur yang menonjol dalam multimedia yang memungkinkan pembelajaran yang aktif (active learning). Pembelajaran yang aktif tidak saja memungkinkan pengguna melihat atau mendengar (see and hear) tetapi juga melakukan sesuatu (do). Dalam konteks multimedia, do dapat berupa memberikan respons terhadap pertanyaan yang diajukan komputer atau aktif dalam simulasi yang disediakan komputer.
Multimedia berbasis web mengandung lebih dari satu jenis media biasanya suara, video, atau animasi, di samping teks dan gambar. Situs Multimedia sering mengandung unsur-unsur yang berinteraksi dengan pengguna secara langsung, mengontrol pengiriman suara atau klip video, memanipulasi objek 3D, bermain game, dan lain-lain. Komputer cepat dan koneksi internet broadband membuat multimedia berbasis web jauh lebih layak daripada di masa lalu.

Keuntungan dan Kerugian Menggunakan Web Berbasis Multimedia

Keuntungannya sebagai berikut.
a. Dapat mengatasi berbagai gaya belajar.
b. Belajar dengan sistem visual.
c. Belajar secara Auditori.
d. kinestetik peserta didik.
e. Bahan lebih menarik dan menyenangkan.
f. Banyak ide-ide lebih mudah untuk menyampaikan.


Kekurangannya sebagai berikut.
a.  Waktu dan biaya pengembangan.
b. Kompatibilitas dan waktu download untuk multimedia berbasis Web.
Sebenarnya World Wide Web pada awal diluncurkan pada tahun 1989 didesain bukan untuk multimedia, melainkan untuk pengiriman dokumen berformat HTML dengan menambahkan gambar dan ilustasi garis. Perkembangan internet dewasa ini sudah tidak dapat dipungkiri lagi. Hal ini menuntut perkembangan multimedia interaktif untuk memberikan solusi yang kreatif sebagai penyedia layanan informasi berbasis web. Perkembangan yang cukup besar, yaiu adanya elemen-elemen multimedia yang diletakkan pada World Wide Web. Pada tahap awal teks dan gambar merupakan penyusun utama sebuah World Wide Web dan dengan adanya tambahan interaktivitasnya. Awal interaktifitas dari sebuah web hanya sekadar link/menghubungkan ke web lain. Namun, dengan perkembangan sekarang ini, interaktivitas web lebih dari sebuah link. Web mampu menyajikan pengolahan proses data yang kompleks. Komponen multimedia audio, animasi, dan video sudah mampu diakomodasi dengan baik pada tampilan sebuah web site tanpa meninggalkan sesi interaktivitasnya. Berdasarkan pernyataan tersebut, maka World Wide Web merupakan multimedia interaktif yang sangat andal. Dengan perkembangan smartphone, banyaknya aplikasi yang dibuat dengan berbasis HTML 5 merupakan suatu perkembangan yang luar biasa pesat.

Aplikasi multimedia interaktif berbasis HTML 5 memiliki kelebihan yang luar biasa, antara lain sebagai berikut.
1. Lebih mudah dikembangkan karena bahasa pemrograman yang dipakai merupakan bahasa pemrograman yang banyak dipakai oleh sebagian besar pengembang software.
2. Mudah di-update karena hal ini hanya dilakukan di server pusat, maka setiap user akan mendapatkan update yang sama.
3. Akses informasi lebih mudah karena setiap user dapat mengakses informasi dengan internet dan dapat diakses di mana pun dan kapan pun.
4. Lebih murah dan lebih powerfull karena aplikasi dapat digunakan pada semua perangkat yang sudah menyertakan browser.
5. Happy platform karena aplikasi ini dapat diakses menggunakan perangkat berbasis windows, linux, iOS, Mac OS, Blackbarry, Android, dan lainnya.
6. Dapat digunakan secara offline, walaupunsebagian besar aplikasi web diakses dengan internet tapi dapat dijalankan secara offline.

Kesimpulan

      • Multimedia Interaktif adalah penggabungan antara teks, foto, seni grafis, suara, animasi, dan video serta memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan produk multimedia.
      • Kunci utama dari Multimedia Interaktif adalah adanya pengguna yang dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan sistem secara baik.
      • Proyek Multimedia Interaktif menggabungkan antara komponen-komponen multimedia dengan bahasa pemrograman sehingga hasil yang didapat dapat berinteraksi dengan pengguna.
      • Level interaktivitas dalam multimedia interaktif, antara lain umpan balik, manipulasi, adaptasi, dan komunikasi.
      • Model multimedia interaktif, antara lain tutorial, drill and practice, simulasi, instructional games, hybrid, socratic, inquiry, dan informational.
      • World Wide Web merupakan multimedia interaktif yang memiliki keunggulan, antara lain lebih mudah dikembangkan, mudah di-update, akses informasi lebih mudah, lebih murah dan lebih powerfull, happy platform, serta dapat digunakan secara offline.
      • Konten yang membentuk sebuah multimedia interaktif antara lain teks, foto/image, seni grafis, suara, animasi, video dan disempurnakan dengan interaktivitasnya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk " Materi Desain Media Interaktif"

Posting Komentar

PERHATIAN:
Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Berikut ini!, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan (No Spam, Sara dan Rasis).
2. Komentar di Moderasi, bila berkomentar tidak sesuai dengan kebijakan maka tidak di terbitkan!.
3. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel