CMS Content Management System

CMS Content Management System

Apa itu CMS

Pengertian CMS (Content Management System) CMS atau Content Management System merupakan software (perangkat lunak) untuk aplikasi web yang memiliki fungsi sebagai pengelola lama website secara instan, cepat, dan sangat mudah. Dengan adanya CMS maka fokus dalam pengelolaan website dapat mudah diedit dan diatur.
Terdapat perbedaan dalam membangun website jika menggunakan CMS dan coding manual.
Perbedaan tersebut adalah saat menggunakan CMS maka tidak memerlukan penguasaan bahasa pemrograman, sehingga akan lebih cepat.

CMS memiliki 2 elemen yang berbeda di dalamnya yaitu:

-CMA (Content Management Application), yaitu memberikan fasilitas untuk mengolah dan memanajemen konten yang telah diupload dan diterbitkan di website.
-CDA (Content Delivery Application), yaitu dapat mengupgrade situs web dengan informasi yang telah digunakan sebelumnya.

Fungsi CMS

CMS ini memiliki fungsi utama dan fungsi pendukung.
Berikut ini kedua fungsi tersebut.
1. Fungsi Utama
CMS merupakan platform yang digunakan untuk pengelolaan konten dan menyajikan banyak update-update konten, seperti blog yang sangat banyak dipakai oleh orang. CMS dapat digunakan sebagai cara untuk mempermudah dalam pengeditan artikel yang cepat. Cara mudah yang ditawarkan tersebut yaitu hanya dengan mencari nama judul artikel dan diedit serta disortir untuk mencari konten yang sudah diupload. Selain itu, CMS menyediakan banyak template dan support mulai dari yang sederhana hingga tampilan yang sangat berkelas.
Template dan support tersebut sangat cocok untuk blog, website perusahaan, atau website yang lainnya.
2. Fungsi Pendukung
Menggunakan CMS dapat menjaga kualitas dari design website kamu. Dengan adanya tampilan yang bagus maka akan banyak pengunjung yang melihat dan mengunjungi kembali websitemu. Dengan begitu jumlah user untuk website dapat naik dan terdeteksi dengan baik. CMS juga menyediakan sebuah administrasi yang secara otomatis dapat langsung diperoleh karena WordPress admin bisa dengan mudah digunakan.

Contoh CMS

Adapun jenis CMS yang kerap kita dengar, dan yang populer diantaranya:

a. Drupal

Drupal adalah sistem pengelolaan konten open source yang tergolong populer di kalangan web developer, yang ditulis dalam PHP.
Setelah dibuat pada awal tahun 2000 oleh seorang mahasiswa Belgia, sekarang Drupal sudah banyak digunakan oleh beberapa website paling menonjol di internet yaitu WhiteHouse.gov, Weather.com, dan lain-lain. Hal ini sering dianggap sebagai pesaing CMS semacam WordPress dan Joomla.

b. WordPress

CMS terbaik dengan peminat dan pengguna yang paling banyak dengan sifat open source, bahasa PHP, dan pengelolaan database menggunakan MySQL.
WordPress digunakan untuk mengelola personal blog yang memiliki responsible bagus terhadap mesin pencari di Google.

c. Joomla

CMS dengan lisensi GPL yang bersifat open source dan berkembang pesat karena dirawat oleh komunitas yang baik.
Bahasa yang digunakan adalah PHP dan database MySQL. Beberapa fitur menarik terdapat di dalamnya.

d. Prestashop

CMS yang sangat cocok untuk web yang berbasis e-commerce atau online shop. Prestashop bersifat open source dengan kemudahan penggunaannya.
Jenis CMS ini dapat digunakan oleh para pengusaha dan UMKM yang mulai merintis usaha dan masih awam dengan teknologi.-

e. Magento

CMS ini juga cocok digunakan untuk e-commerce yang berkecimpung di dunia online shop. Fitur yang ditawarkan sangat lengkap dan menarik.
Magento bersifat open source dengan beberapa perkembangan dan memiliki versi komersil atau enterprise.

d. Vbulletin

CMS ini tidak gratis atau harus membayar untuk bisa menggunakannya.
Vbulletin lebih digunakan untuk portal web atau forum diskusi skala besar seperti e-forum. Bahasa yang digunakan adalah PHP dan database MySQL.

4 Kesimpulan

CMS merupakan aplikasi atau program yang memiliki kapabilitas untuk mengatur konten, data, desain, atau aplikasi internet. CMS menyediakan akses kepada banyak pengguna untuk melakukan pengeditan, pelaporan, pendistribusian, dan pembuatan konten pada sebuah website atau aplikasi berbasis website.
Akses yang diberikan kepada pengguna terbatas. Kita bisa mengatur dan menerapkan restriksi terhadap pengguna CMS.
Berdasarkan definisi tersebut, CMS dapat berupa program manajemen untuk mengatur pendistribusian data di dalam perusahaan maupun manajemen perkantoran lain melalui internet. CMS juga dapat dimaknai sebagai program untuk mengedit dan mengelola konten dalam website tanpa harus memahami lebih jauh mengenai bahasa pemrograman atau HTML. Definisi kedua inilah yang merupakan definisi CMS yang paling populer. WordPress, Drupal, Joomla adalah contoh program CMS yang populer. Berdasarkan definisi kedua tersebut, fungsi CMS terbatas pada manajemen konten saja.
Fungsi dan tujuan utama CMS adalah menyediakan kemampuan untuk melakukan pengaturan konten di dalam website yang dapat dilakukan oleh banyak orang. Dengan demikian, peredaran data dan koreksi dapat dilakukan dengan cepat, akurat, dan mudah. Hal tersebut memungkinkan kolaborasi dan manajemen konten di dalam website dapat dilakukan lebih efektif, efisien dengan biaya yang minim.
Jenis website apa saja yang cocok dikelola dengan CMS? Hampir semua jenis website cocok dan dikelola dengan CMS. Beberapa jenis website yang cocok dikelola CMS adalah website perusahaan, website e-commerce, website komunitas, blog, website jaringan sosial, dan website portofolio.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "CMS Content Management System"

Posting Komentar

PERHATIAN:
Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Berikut ini!, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan (No Spam, Sara dan Rasis).
2. Komentar di Moderasi, bila berkomentar tidak sesuai dengan kebijakan maka tidak di terbitkan!.
3. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel