Pengantar Bahasa Pemrograman

 

Pengantar Bahasa Pemrograman Python
Pengantar Bahasa Pemrograman

Sebuah program dapat diartikan kumpulan instruksi-instruksi yang dibuat secara terstruktur dan logis untuk menyelesaikan permasalahan. 

Sebuah masalah memiliki makna keadaan yang tidak sesuai dengan kenyataan. Tanpa permasalahan maka tidak akan ada program. 

Seorang pembuat program disebut dengan programmer harus memiliki kemampuan membuat program berdasarkan ketentuan masing-masing bahasa pemrograman yang digunakan. 

 

Macam-macam bahasa pemrograman
Macam-macam bahasa pemrograman .sumber google

Gambar diatas memperlihatkan beberapa jenis bahasa pemrograman seperti C, php, java, dan python, selain itu bahasa lainnya seperti basic, pascal, cobol, dan lain-lainnya.


Pemrograman Visual dan Console

Tampilan Visual (sebelah kanan)dan Console (sebelah kiri)
Tampilan Visual (sebelah kanan)dan Console (sebelah kiri)

Pada tampilan visual pada contoh dengan menampilkan textbox dan tombol yang dapat di isi dan di klik, tampilannya lebih menarik dan nyaman digunakan. Sementara tampilan Console lebih sederhana, terlihat kurang begitu menarik dan monoton.

Tools Python Shell 32 bit dan 64 bit.
Tools Python Shell 32 bit dan 64 bit

Gambar diatas memperlihatkan tampilan IDLE (Integrated Development and Learning Environment) yaitu Python sebagai lingkungan belajar berisi tampilan GUI yang menarik, bekerja pada OS (Windows, Linux dan Mac OS X), interaktif interpreter (penterjemah) berupa kode input/output dan error messages, multi windows, multiple file (grep) berupa search within any windows, fiture debugger (pencari kesalahan), konfigurasi/browsers dan dialog.

Interpreter dan Compiler

Penterjemah bahasa python menggunakan interpreter (satu per-satu pernyataan), berbeda dengan penterjemah compiler yang menterjemahkan kode program sekaligus (blok pernyataan). 

Interpreter: Interpreter tidak menghasilkan bentuk object code, tetapi hasil translasinya hanya dalam bentuk internal, dimana program induk harus selalu ada-berbeda dengan compiler.

Skema proses interpreter
Skema proses interpreter
 

 

Compiler : Source code adalah bahasa tingkat tinggi, object code adalah bahasa mesin atau bahasa assembly. Source code dan data diproses secara berbeda

Skema proses Compiler
Skema proses Compiler


 Bahasa Python

Bahasa Python
Bahasa Python

Bahasa Python memiliki beberapa sintaks yang umum ada pada bahasa pemrograman lainnya seperti input/output proses, struktur seleksi, struktur pengulangan, pernyataan fungsi (sub program), dan lain sebagainya.

Halaman Pengetikan Kode Program

Halaman Pengetikan Kode Program.
Halaman Pengetikan Kode Program.

 

Gambar diatas menunjukkan halaman pengetikan kode program dengan satu persatu argumen/ pernyataan, atau dengan editor seperti layaknya kode pada compiler yang ditulis sekaligus tetapi tetap dieksekusi argumen per argumen.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

Tampilkan Komentar
Sembunyikan Komentar

Belum ada Komentar untuk "Pengantar Bahasa Pemrograman"

Posting Komentar

PERHATIAN:
Jika ada yang Ingin Anda Tanyakan Terkait Artikel di atas Silahkan Bertanya Melalui Kolom Komentar Berikut ini!, dengan Ketentuan :

1. Berkomentarlah dengan Sopan (No Spam, Sara dan Rasis).
2. Komentar di Moderasi, bila berkomentar tidak sesuai dengan kebijakan maka tidak di terbitkan!.
3. Centang kotak Notify Me / Beri Tahu Saya untuk mendapatkan notifikasi komentar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel